Friday, June 5, 2009

How to Start Public Speaking

By Lisa Nuryanti

Memulai segala sesuatu memang yang paling sulit. Tapi sebenarnya tidak sulit kalau kita mau mencoba. Seperti orang belajar mengendarai sepeda. Kalau cuma duduk dalam kelas dan mendengarkan bagaimana caranya mengendarai sepeda, sampai kapanpun dia tidak akan bisa. Dia harus mencoba menaiki sepedanya. Orang yang belajar berenang juga tidak bisa hanya duduk dalam kelas dan mendengarkan ceramah mengenai cara berenang. Dia harus terjun ke air dan mencoba sendiri, baru bisa.
Suatu hari, ketika saya sedang memberikan training di sebuah perusahaan, seorang ibu memperkenalkan dirinya. Ternyata dia bertugas sebagai MC pada hari itu. Dia berkata:"Waduh bu, saya grogi banget. Biasanya MCnya Ibu Linda, tapi dia lagi sakit. Jadinya saya yang disuruh. Bagaimana ya? Saya belum pernah jadi MC bu."
"Bagus bu. Maju saja.", kata saya.
"Nanti ngomong apa?", tanyanya kurang yakin.
"Ngomong apa saja bu. Terserah ibu."
"Hah?"
"Bu, kalau ibu tidak maju dan mencoba, maka sampai kapanpun ibu tidak akan pernah bisa. Tahun depan ibu juga akan tetap seperti sekarang ini.", kata saya.
"Iya ya?"
Diapun maju dan nekat memulai acara. Ternyata lancar kok.
Setahun kemudian, saya membawakan training di perusahaan itu lagi, karena memang tiap tahun mereka mengundang saya. Ibu yang menjadi MC tahun lalu mendekati saya dan berkata:"Bu, saya jadi MC lagi."
"Wah, bagus sekali bu."
"Bu, tahun kemarin saya sudah enam kali jadi MC", katanya berseri-seri, "Betul kata ibu. Kalau saya dulu tidak mencoba, maka tahun ini saya tetap tidak bisa dan akan takut seperti tahun lalu."
Saya sangat senang mendengar kemajuan yang dialaminya. Yang penting langkah awalnya. Coba dulu. Supaya tidak takut, maju saja. GO FOR IT!

No comments: